Tuesday 7 July 2015

Khasiat Jambu Biji

Jambu Biji (Psidium Guajava)

Seperti halnya buah yang lain, buah ini tidak hanya enak tapi juga berkhasiat untuk mengatasi berbagai jenis penyakit, seperti demam berdarah, pencegahan kanker, dan sebagainya. Termasuk tanaman produktif karena bisa berbuah sepanjang tahun tanpa harus menunggu musimnya tiba.
Jambu biji adalah jenis buah tropis yang ditemukan pertama kali di kawasan Brasil. Jenis jambu ini lebih terkenal diantara beberapa jenis jambu biji yang dikenal saat ini, diantaranya jambu Pasar Minggu, jambu Bangkok, jambu Palembang, jambu Sukun, jambu Apel, jambu Sari, jambu Merah, dan jambu Merah Getas.  


Jambu biji merah adalah buah yang menyimpan banyak likopen, yang sangat  bermanfaat bagi tubuh terutama  untuk mencegah kanker, termasuk kanker rahim dan kanker prostat. Selain itu kandungan Vit C nya bermanfaat  untuk mencegah sariawan, gusi bengkak dan, kesehatan lambung serta membantu penyembuhan luka. Juga bermanfaat untuk memperbaiki kapiler supaya tidak terjadi kebocoran.
Manfaat yang terkenal adalah untuk pengobatan demam berdarah, penyakit yang memiliki tingkat kematian yang tinggi. Karena keberadaannya yang melimpah, hal ini menjadi poin tersendiri sebab tidak hanya murah, buah dengan warna indah ini juga menyimpan sejuta khasiat.
Klasifikasi;
Divisi    ; Magnoliophyta
Kelas    ; Magnoliopsida
Ordo     ; Myrtales
Famili   ; Myrtaceae
Genus   ; Psidium
Spesies ; Psidium Guajava

Jambu biji termasuk tanaman perdu dan dalam bahasa inggris dikenal dengan Lambo Guava. Di beberapa daerah dikenal sebagai jambu batu atau jambu klutuk. Pengembangannya bisa dengan stek atau okulasi. Dibudidayakan di beberapa negara seperti Jepang, Brasil, Malaysia, Thailand, Filipina dan Negara lainnya. Sementara di Indonesia sentra penanamannya ada di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Sumatera, dan sebagian Kalimantan.

Kandungan jambu biji

Menurut Parimin (2007) dalam 100 gram jambu biji masak, terdapat:
0.9   gr protein
03,   gr lemak
12.2 gr karbohidrat
14   mg kalsium
28   mg fosfor
1.1  mg zat besi dan
86   gr air
  
Selain itu  dalam jambu biji juga terkandung zat lain diantaranya:

VITAMIN C

Kandungan Vit C pada jambu biji , 2X lipat lebih banyak dibandingkan dengan jeruk yang hanya 49 mg per 100 gr buah. Tetapi kadar Vit C pada jambu biji masih dibawah kadar Vit C di Jambu Mede (197 mg) dan gandaria masak (110 mg). selain Vit C, terdapat juga Vit B-tiamina (B1), riboflavin (B2), asid nikotinik dan asid pantotenik.

No comments:

Post a Comment